Kamis, 30 Desember 2010

Panelit Publikasi Penelitian Gempa Terbaru

Livejrnal69 - Gempa bumi telah mengguncang sesar San Andreas yang kuat membelah California jauh lebih sering dari yang diduga sebelumnya, menurut UC Irvine dan Arizona State University peneliti yang telah temblors memetakan ada peregangan kembali 700 tahun.
Temuan, akan diterbitkan dalam edisi September 1 Geologi, menyimpulkan bahwa pecah besar telah terjadi di bagian Dataran Carrizo kesalahan - sekitar 100 mil barat laut Los Angeles - sesering setiap 45-144 tahun. Tapi gempa besar terakhir terjadi pada 1857, lebih dari 150 tahun yang lalu.

UCI peneliti mengatakan bahwa sementara itu mungkin kesalahan adalah mengalami jeda alam, mereka pikir itu lebih besar kemungkinan terjadi gempa besar bisa segera.

"Jika Anda sedang menunggu seseorang untuk memberi tahu Anda ketika kita dekat dengan gempa bumi San Andreas berikutnya, hanya melihat data," kata ahli gempa Lisa UCI Grant Ludwig, peneliti utama studi ini.

Profesor kesehatan masyarakat, ia berharap temuan-temuan akan berfungsi sebagai wake-up call untuk California yang telah tumbuh puas tentang risiko gempa bumi besar. Dia mengatakan data baru "menempatkan tanda seru" tentang perlunya warga negara dan pembuat kebijakan harus siap.

Untuk individu, yang berarti memiliki air yang cukup dan perlengkapan lainnya di tangan, barang-barang pengamanan di muka, dan membangun rencana darurat keluarga. Untuk regulator, Ludwig pendukung kebijakan baru yang membutuhkan tanda-tanda resiko gempa pada bangunan yang tidak aman dan memaksa pengawas dalam transaksi jual rumah untuk mengungkapkan derajat risiko.

Sinan Akciz, UCI ilmuwan proyek asisten dan penulis utama studi tersebut, adalah bagian dari sebuah tim yang mengumpulkan contoh arang dari hati-hati menggali parit di dataran Carrizo, bersama dengan contoh sebelumnya yang telah disimpan Ludwig selama puluhan tahun di garasi. Bentuk arang alami setelah kebakaran, kemudian dicuci ke dataran oleh hujan, membangun selama berabad-abad dalam lapisan yang terfragmentasi selama gempa bumi. Akciz tanggal sampel melalui teknik radiokarbon baru-baru ini dikembangkan untuk menentukan jangka waktu selama enam gempa bumi besar, yang paling awal terjadi sekitar 1300 AD

Data lapangan membenarkan apa yang telah lama dicurigai Ludwig: Keyakinan diterima secara luas bahwa gempa bumi besar terjadi pada kesalahan setiap 250 sampai 400 tahun itu tidak akurat. Tidak semua gempa yang kuat seperti yang diperkirakan baik, tetapi mereka semua dikemas pukulan keras, besarnya berkisar antara 6,5 dan 7,9.

"Yang kita tahu adalah selama 700 tahun terakhir, gempa bumi di selatan San Andreas fault telah jauh lebih sering daripada berpikir semua orang," kata Akciz. "Data yang disajikan di sini bertentangan dengan laporan sebelumnya diterbitkan."

"Kami telah belajar bahwa perulangan gempa sepanjang sesar San Andreas yang kompleks," kata co-penulis Arrowsmith Ramon, seorang profesor geologi di Arizona State. "Meskipun gempa bumi mungkin lebih sering, mereka juga mungkin lebih kecil Itulah sedikit kabar baik untuk mengimbangi yang buruk.."

Ken Hudnut, seorang ahli geofisika dengan US Geological Survey, mengatakan penelitian ini signifikan karena merevisi konsep lama tentang baik-spasi, gempa yang sangat kuat pada kesalahan 810 mil.

"Saya percaya bahwa mereka telah melakukan pekerjaan yang benar-benar hati-hati," katanya, menambahkan bahwa pekerjaan itu ketat lapangan-diperiksa oleh banyak ilmuwan. "Ketika orang-orang datang dengan hasil yang baru menantang gagasan lama, orang lain perlu melihat bukti itu sendiri."

Sebelumnya Upending San Andreas pemodelan kesalahan adalah bagian dari pergeseran yang lebih luas dalam penelitian seismik. Para ahli semakin pelacakan web dari poin memicu, kesalahan yang lebih kecil dan lebih sering gempa daripada berfokus pada besar, kesalahan tunggal di mana mereka menganggap akan ada shakers baik-spasi.

Adapun hiatus 153 tahun sejak magnitudonya 7,8 Fort gempa Tejon, Ludwig mengatakan: "Orang tidak harus tetap kepala mereka di dalam tanah. Ada badai awan berkumpul di cakrawala. Apakah itu berarti itu pasti akan hujan? Tidak, tapi ketika Anda memiliki banyak awan, Anda berpikir, "Aku akan mengambil payung saya dengan saya hari ini." Itulah yang penelitian ini melakukan: Ini memberi kita kesempatan untuk mempersiapkan. "

Pendanaan untuk penelitian ini disediakan oleh National Science Foundation, US Geological Survey dan Pusat Gempa California Selatan.

sumber : http://livejurnal69.blogspot.com/2010/08/panelit-publikasi-penelitian-gempa.html

0 komentar:

Posting Komentar